identity

ALI FAOJI, S.Kep, Ns PERAWAT RUANG KEMOTERAPI RSUD TUGUREJO SEMARANG pengin tanya2 lebih lanjut email ke fauziali40@gmail.com

Jumat, 01 Januari 2016

12 MAKANAN ANTI KANKER (1)



12 MAKANAN ANTI KANKER
By : Ali Faoji, S.Kep, Ns

      Kanker menjadi salah satu penyakit yang mengancam di Indonesia. Hal ini terlihat dari riset kesehatan dasar 2013 dimana prevalensi kanker di Indonesia mencapai  4,3 per 1000 penduduk dan menduduki posisi ketujuh sebagai penyakit penyebab kematian. Untuk menghindari kanker  sebenarnya ada upaya yang bisa anda lakukan, yaitu  membiasakan pola hidup sehat dan menjaga asupan nutrisi yang tepat. Berdasarkan penelitian, ada 12 makanan yang kandungannya bisa membantu mencegah munculnya kanker.

1.Alpukat

 
Kandungan : kaya akan glutathione dan anti oksidan yang kuat.
Khasiat : melawan radikal bebas dalam tubuh. Para ilmuwan juga percaya alpukat dapat berguna untuk mengobati hepatitis-penyebab kanker hati-dan masalah kerusakan hati lainnya.

2.Brokoli, Kol dan Kembang Kol

 
Kandungan : kimia indole-3-carbinol (I3C) dan phytochemical sulforaphane (di bagian kecambah)
Khasiat : memerangi kanker payudara dengan mengubah estrogen pemicu kanker menjadi bersifat protektif, mencegah beberapa tipe kanker seperti kanker usus dan rectal juga bisa dicegah dan menginduksi produksi enzim tertentu yang dapat menonaktifkan radikal bebas dan karsinogen.

3.Cabai

 

Kandungan :  senyawa capsaicin
Khasiat : menetralisir sejumlah kanker termasuk mencegah kanker perut.

4.Bawang Putih 

 
Kandungan : allyl sulfur
Khasiat : mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine dalam tubuh dan memblokir zat-zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu bumbu dapur ini juga mengandung zat aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, potassium, besi, karoten dan selenium.
Komponen-konponen ini dapat mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak bahkan merangsang sel kanker untuk membunuh dirinya (apoptisis). Selain itu bawang putih juga berperan sebagai antioksidan yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membunuh kuman helicobacter pylori yang dapat memicu kanker lambung.

1 komentar:


  1. Jual obat herbal untuk segala macam penyakit yang aman di konsumsi karena terbuat dari bahan baku alami tanpa adanya campuran bahan kimia dan tentunya tanpa efek samping

    check website kami di Jual Obat Herbal

    BalasHapus