identity

ALI FAOJI, S.Kep, Ns PERAWAT RUANG KEMOTERAPI RSUD TUGUREJO SEMARANG pengin tanya2 lebih lanjut email ke fauziali40@gmail.com

Sabtu, 05 Agustus 2017

ANESTESI PADA SIRKUMSISI



1. Anestesi Umum dilakukan pada :
Y Anak-anak yang tidak kooperatif
Y Penderita yang alergi terhadap anestetik local
Y Penderita yang sangat cemas

2. Lokal, penderita dalam keadaan sadar :
Y Spinal, epidural dan modifikasinya
Y Kombinasi blok saraf dorsalis penis dan infiltrasi
Dari semua cara anestesi yang disebutkan, maka cara kombinasi blok saraf dan infiltrasi tampaknya paling disukai, karena :
1. Relatif mudah dilakukan
2. Komplikasi anestesi umum (mual,muntah dan sebagainya) tidak dijumpai
3. Secara ekonomis lebih murah
4. alat yang diperlukan murah

Pada cara ini dapat dilakukan kombinasi antara :
1. Blok Saraf Dorsalis Penis (Blok Nervus Dorsalis Penis) tekniknya suntikan dilakukan pada pangkal penis, tegak lurus pada batang penis, hingga terasa menembus fasia Buck (sensasi seperti menembus kertas) kemudian jarum dimiringkan kearah lateral dilakukan aspirasi darah bila tidak masuk ke pembuluh darah suntikkan 1-3 ml zat anestesi. 

 

 2. Infiltrasi Frenulum Penis tekniknya penis dibalik penyuntikan dilakukan pada bagian medioventral agak distal dari frenulum menuju ke penis proksimal. Tusukkan jarum
hingga pangkalnya tidak terlihat kemudian sambil mengeluarkan jarum, dilakukan penyuntikan zat anestesi 0,5-2 ml. Biasanya tidak diperlukan aspirasi.
 
3. Infiltrasi pada batang penis atau blok melingkar (ring block) pada batang penis tekniknya jarum disuntikkan dari bagian distal ke proksimal secara subkutan miring kearah dorsal dan ventral. Sambil mengeluarkan jarum, zat anestesi disuntikkan, suntikan dilakukan di bagian kiri dan kanan. Anestesi ini dilakukan biasanya kalau pasien masih merasakan sakit. 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar