identity

ALI FAOJI, S.Kep, Ns PERAWAT RUANG KEMOTERAPI RSUD TUGUREJO SEMARANG pengin tanya2 lebih lanjut email ke fauziali40@gmail.com

Selasa, 01 Agustus 2017

MANFAAT KHITAN



MANFAAT KESEHATAN KHITAN PADA LAKI-LAKI

Khitan atau sunnat adalah tindakan yang sangat bagus dilakukan demi kesehatan.

The American Academy of Pediatrics ( AAP ) mengatakan bahwa manfaat sunat lebih besar daripada risikonya. Berikut beberapa manfaat khitan bagi kesehatan  :

Perawatan Kebersihan lebih mudah – Sunat akan membuat pria lebih mudah dalam merawat kebersihan penis. Mencuci bawah kulup (frenulum) penis yang tidak disunat umumnya susah, karena sisa-sisa kotoran atau air seni akan mengumpul sebagai smegma dibawah frenulum. Dengan demikian tentu akan jauh dari penyakit infeksi. Smegma ini merupakan najis yang mengurangi kesucian setelah berwudhu. 

Menurunkan risiko infeksi saluran kemih- Risiko infeksi saluran kemih secara keseluruhan lebih rendah pada laki-laki, namun  infeksi ini lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat. Infeksi saluran kemih berat  dapat menyebabkan masalah ginjal di kemudian hari.

Penurunan risiko penyakit infeksi menular seksual – Pria yang disunat memiliki risiko lebih rendah dari infeksi peyakit menular seksual tertentu, termasuk HIV . Namun, praktek berhubungan seksual yang aman tetap penting untuk menghindari penyakit .

Mencegah masalah penis – Kadang-kadang, kulup pada penis yang tidak disunat bisa sulit, atau tidak mungkin ditarik kembali ( phimosis ) . Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada kulup atau kepala penis .
Penurunan risiko kanker penis. Kanker penis ini jarang terjadi, atau kurang umum pada pria yang disunat. Selain itu, kanker serviks juga kurang umum pada wanita pasangan laki-laki yang disunat .

Sunat tidak akan mempengaruhi kesuburan, sunat juga tidak meningkatkan atau mengurangi kenikmatan bercinta bagi laki-laki atau pasangan mereka. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan khitan. Namun khitan sebaiknya dilakukan oleh profesional, dan tetap dalam pengawasan selama masa penyembuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar